Langsung ke konten utama

Teruntuk El yang Berumur 24 Tahun

Banyak tulisan yang aku buat untuk orang lain, tapi aku lupa membuat surat untuk diriku sendiri. Jadi surat ini aku peruntukan untuk diriku sendiri yang sedang menjalani usia 24 tahunnya.

Hai El, apa kabar? Sedang tidak baik-baik saja kan? tidak apa~ hidup memang seperti ini. Kan malah aneh kalo hidup selalu baik-baik saja. nanti malah kamu nggak bisa bersyukur. Nanti kamu nggak tahu nikmatnya ngeliatin langit ketika hari lagi capek-capeknya.

Beberapa tahun terakhir banyak hal-hal menyebalkan yang menganggu pikiran kan? banyak kejutan-kejutan yang terjadi, yang seringkali bikin tidur tidak nyenyakkan?. Tidak apa~ kan kamu pandai berprasangka baik, percaya saja, Tuhan sedang merencanakan sesuatu yang bakal bikin kamu senyum-senyum pada akhirnya.

Sekarang umur 24 tahun, bagaimana rasanya berada di umur yang sudah dianggap dewasa? Susah ya? Capek ya? Berat ya?. Apalagi ngeliat teman-teman seumuran udah pada kerja, udah bisa ngasih duit ke orang tua, jajanin adek dan ponakan pakai duit sendiri, beli barang hasil kerjakeras sendiri, ditambah teman-teman deket juga tahun ini pada nikah.

Sesekali iri gapapa kok, tapi jangan terlalu meratapi ya. Lihat dirimu, banyak yang iri juga sama posisimu saat ini. Bisa kuliah lagi dengan beasiswa full dari pemerintah itu juga suatu prestasi yang nggak semua orang bisa dapetin. Punya orang tua yang selalu ngasih fasilitas penuh tanpa syarat dan ketentuan apapun juga suatu keuntungan yang nggak semua temenmu masih dapetin. Lihat? Yang kamu pengen, kayak mau makan apa bisa, mau jajan apa bisa, beli barang yang kamu ingin juga bisa, mau maen kemana aja juga bisa. Nggak semua temenmu seberuntung ini, El. Yaa walaupun kamu juga nggak seberuntung temenmu yang dikasih suport emosional dan tempat cerita sii. Haha. Gapapa-gapapa kan masih ada aku. Selalu. Tapi El, doa orangtuamu selalu memelukmu. Aku yakin itu. Lihat saja hidupmu selalu dipermudah, itu semua karena doa-doa orangtuamu.

Umur 24 tahun sudah sering ditanya kapan nikah kan? Kemaren aja waktu aku maen ke rumah saudara yang ditanya bukannya kabar malah ditanyain calonnya mana. Sebel tau, udah gitu nggak ada basa-basinya lagi. Padahal ya El, aku nganggep diriku ini masih muda banget buat nikah, pas ngaca juga aku ngeliat diriku masih terlalu imut-imut. Hahaha. Tahun ini dapet berapa undangan pernikahan? Banyak banget ya? Kalo yang nikah bukan teman deket si rasanya biasa saja kan El. Tapi masalahnya tahun ini ketiga teman deketku pada mau nikah. Eva, Alsya, Resi. Perkumpulan manusia Gemini ini bakal nikah di tahun ini. Rasanya dapet kabar mereka mau nikah itu seneng banget meski sedih juga si. seneng karena mereka akhirnya udah nemuin pasangan hidup yang mereka cari. Sedih karena mereka udah nggak bisa diajak maen secara dadakan lagi.

El, jika teman-temenmu sudah pada ngebet nikah, dikit-dikit ngobrolin ingin nikah Cuma ingin hidup enak, karena mereka menganggap pernikahan sebuah tujuan hidup, kalo sudah nikah mereka bakal merasa nyaman, jadi mereka ingin nikah cepet tapi nggak ada persiapan apapun dari dirinya. Aku tahu kamu berbeda. Kamu sendiri yang bilang, kalo pernikahan itu suatu fase yang bakal kamu lewatin, Pernikahan bukan tujuan hidup kamu. Jadi kamu nggak akan buru-buru soal nikah. Kamu juga percaya Tuhan bakal mendatangkan laki-laki baik di waktu yang tepat. Meski agak sedikit lama dari teman-teman tidak masalah kan? yang penting kamu nikah dengan orang yang tepat. Soalnya seumur hidup terlalu lama untuk dihabiskan dengan orang yang tidak tepat. Semoga kamu bisa nikah dengan lelaki yang mencintaimu dan kamu juga mencintainya.

Tapi El, pernikahan nggak cukup dengan saling cinta saja. kamu harus mulai belajar yaa. Setidaknya kamu harus punya bekal ilmu dasar. Seperti yang kamu tahu, pernikahan itu nggak seindah cerita fiksi yang kamu baca. Belajar fiqih pernikahan, belajar psikologi penikahan dan pasangan, belajar ilmu parenting, belajar komunikasi yang baik, belajar pengelolaan emosi yang sehat itu lebih penting dari resepsi. Jadi ketika kamu melangkah kepernikahan setidaknya kamu punya dasar ilmunya dan kamu sudah dewasa secara pemikiran dan juga emosional. Jadi kamu bisa berperan sebagai seorang istri dan seorang ibu yang baik, yang bisa dibanggain oleh suami dan anak-anakmu kelak. Semoga.

Dan belajar masak juga tolong. Ya kali umur 24 tahun cuma bisa masak nasi goreng dan aneka telur, El? Nggak kasian suamimu tiap hari makannya pakai telur terus? Pagi pakai telor goreng mata sapi, siang pakai telor goreng dadar, malem telor goreng orak-arik. Bisa-bisa bisulen El suamimu. Hahaha. Iyaa, dari kecil kamu emang nggak pernah dituntut dan diajarin buat masak karena ada yang bantu-bantu buat ngurusin rumah. Tapi sekarang, belajar masak ya, di google kan banyak resep. Lagian kamu kan nggak tahu, setelah nikah nanti kamu bakal tinggal dimana. Bakal nikah dengan lelaki yang seperti apa. Kalo nanti harus tinggal bareng mertua bagaimana? Nanti kamu kena omelan karena nggak ngerti bumbu-bumbu dapur dan nggak bisa masak. Nanti kalo kamu punya anak, terus dia merantau. Yakali dia nggak ngrasain rindu masakan ibunya?, kamu harus bisa masak pokoknya, kan nggak keren kalo suamimu cerita ketemen-temennya kalo kamu nggak bisa masak. Hahaha

Ini salah satu yang bikin aku khawatir kalo kamu nikah, El. Kalo masalah beberes mah, nggak diraguin lagi. Semoga saja nanti dapet lelaki yang bisa ngimbangin ini ya. Karena kasian suamimu nanti kalo kena omelanmu terus gara-gara naruh baju/ handuk di atas kasur, ngambil barang nggak dibalikin di tempat awalnya, ngambil baju dilemari tapi langsung ditarik nggak diangkat dulu.

Setiap perempuan pasti punya pernikahan impian kan? Kamu gimana, El? Masih ingin nikah dengan konsep intimate wedding? Kamu kan selalu ngomong kalo ingin nikahan yang sederhana tapi rasanya bermakna dan Cuma ingin ngerayain sama teman-teman yang bener-bener kamu kenal. Semoga keinginanmu tercapai ya. Biar nggak perlu ngrasa takut canggung harus senyum, salaman dan foto sama orang-orang yang nggak kamu kenal. Semakin gede, aku juga ingin kayak gitu. Karena sayang aja nggak si ngabisin duit segitu banyaknya hanya untuk gengsi dan ngasih makan ego, padahal kebutuhan setelah nikah juga nggak kalah besarnya. Apalagi kalo tiba-tiba dikaruniahi buah hati, wah pengeluaran pasti bakal bengkak tuh, sudah begitu juga harus mulai punya tabungan buat si anak sekolah. Gilak ya El, pikiran kita jauh banget sudah sampe anak, padahal calonnya saja belom ada. Hahaha

El, sudah dulu yaa, aku mau ngerjain tugas kuliah lagi, soalnya dosennya galak. Nanti aku nulis surat lagi buat kamu. Makasih ya udah selalu nemenin aku, nggak pernah ninggalin aku. Makasih udah mau tumbuh dengan baik di tengah hal-hal yang menyebalkan. Meski banyak yang nganggep kamu kayak bocah, tapi aku tahu pemikiranmu jauh lebih dewasa dibanding mereka yang suka mengaku-ngaku dewasa di depanmu. El, maaf ya kalo aku kadang masih suka nggak percaya sama kamu, masih suka nyalahin kamu atas hal-hal yang sebenarnya bukan salahmu, maaf yaa. Dan kurang-kurangin ngrasa nggak enakannya. Gapapa kalo sesekali bilang enggak dan bersikap egois demi kenyamananmu.

Aku yakin kamu bakal tumbuh dengan baik dan menjadi manusia dewasa yang baik. Aku yakin kamu bakal nemuin kebahagiaanmu apapun itu. Sehat-sehat, baik-baik. Selalu jadi El yang riang ya. Terus tumbuh, mekar dengan cantik, dan bermanfaat.

Dari aku yang bangga dan akan selalu ada buat kamu.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Malam Sudah Semakin Larut?

  Hai, apakah kau dari luar? Apakah di luar langit sudah gelap? Kurasa malam sudah semakin larut, aku mulai hanyut dalam takut sebab pikiranku semakin kalut. Aku sudah tahu kau akan datang. Kemarilah, kau boleh duduk sejenak di sini. Tapi kurasa kali ini tidak akan nyaman, aku membawa kabar kurang menyenangkan. Bajumu sedikit basah, kurasa gerimis sudah datang. Bukankah rasanya sudah seperti November akan berakhir? Hujan seringkali tiba tanpa aba-aba. Kau tahu? Aku menyukainya, suasana bulan hujan, aku suka. Mungkin sebab aku lahir di bulan hujan. Entahlah~ Tapi satu yang membuatku tidak suka bulan hujan, aku selalu merasa khawatir jika orang yang kusayangi melakukan perjalanan dan berkendara di saat hujan. Kuharap kau selalu hati-hati ketika berkendara, kurangi kecepatanmu dan jangan bermain ponsel ketika berkendara, dan semoga kau selalu dalam penjagaan Tuhan.   Aku tidak menghidangkan kopi karena cerita kali ini akan terasa pahit. Secangkir teh hangat tawar untukmu, tentu dengan