Langsung ke konten utama

Lika Liku Luka

 

Ketika perihal tentangmu mencoba menyeruak keluar meminta untuk dikenang, aku menikamnya berulang-ulang. Menjadi pembunuh ulung. Memang benar kenangannya hanya berisi perkara menyenangkan. Tapi riuh rindunya begitu kejam membantai nalar.

Rasa penasaran yang kerap datang meminta untuk mencari tahu kabar tentangmu selalu urung kulakukan, agar tak lagi uring-uringan sepanjang waktu. Ada perasaan yang harus kumakamkan meski tumbuh kembangnya begitu pesat dan sehat. Ada harapan yang harus kulenyapkan meski hadirnya dengan doa-doa tulus dari dlubuk hati luguku.

Melihat kau telah baik sedang aku masih belum, nyatanya masih sulit kuterima. Aku begitu porak poranda dihancurkan diriku sendiri. Bodohnya, aku menghindar dari rasa sedih yang seharusnya kueja dengan baik agar aku bisa membaca diriku dengan benar. Agar sesuatu yang ku pendam tidak berakhir lebam-lebam.

Tapi malah mahir berpura-pura seperti tak terjadi apa-apa. Berlaku layaknya orang dewasa yang tenang. Membungkam paksa segala kebisingan yang ingin berdendang dengan riangnnya.

Bajingan. kau rampas ketenangan dalam pagiku bahkan hari-hariku. Aku tidak membiarkan diriku untuk mengingat dirimu, meratapi segala kejadian yang telah terjadi, tapi kenapa kau malah menjelma bunga tidurku? Maksudmu apa? Tidak tahukah kau, aku begitu bekerja keras untuk menghiraukanmu meski aku begitu ingin mengingatmu, tapi selalu kutepis habis-habisan hingga mebuatku hampir menjadi apatis.

Sial. Gema yang kau ciptakan itu membuatku luluh lantah. Terpontang-panting seperti ranting yang dimainkan angin. Terombang ambing seperti perahu yang menari di tengah laut bergaun ombak.

Aku terus membantah bahwa kamu masih pemenangnya. Tapi aku sadar, seperti kata Amigdala. Percuma, sebab Tuhan sebut kita sia-sia. Tapi setelah lagu itu selesai berdendang. Spotify memutar lagu Nadin Amizah “Sorai” seperti magis.

‘Kau dan aku saling membantu

Membasuh hati yang pernah pilu

Mungkin akhirnya tak jadi satu

Namun bersorai pernah bertemu.’

Setelah menyimak lirik itu dengan seksama. Aku terperanjat. Menyadari bahwa jantungku sudah tak berdetak pilu yang ngilu ketika mengingatmu. Aku kembali menerima diriku dengan kondisi babak belur dan penuh lebam dimana-mana. Hal menyenangkan nyatanya bisa berubah menjadi hal paling menakutkan dengan waktu yang begitu singkat.

Ada makna yang tertinggal yang tak kusadari begitu berarti dari kejadian kemarin yang membuatku terkurung dalam murung. Kini aku melihat cahaya sebab telah berhasil bertahan melewati hari yang gelapnya begitu pekat. Aku berhasil meletakkan titik dalam cerita yang lalu pada kalimat yang bijak dan begitu hangat. Aku berhasil membuka bab baru dengan diriku yang masih menjadi tokoh utama. Perlahan tumbuh dengan kuat, teduh lagi meneduhkan, mekar dengan cantik dan memiliki harum semerbak. Begitulah karakterku di bab baru.

Seperti kembang api yang nyalanya begitu cantik meski hanya sekejap tapi mampu memberikan warna dan cahaya pada langit yang gelap dan menghangatkan hati yang hampir apatis. Terima kasih telah terlibat membantuku menemukan diriku dengan versi yang sekarang begitu kukagumi dan kusyukuri. Terimakasih sebab hadirmu seperti kembang api di malam hari. Berbahagialah, sebab aku pun sedang.

 

Dari perempuan yang perlahan kembali menemukan utuhnya dan melanjutkan perjalanan yang sesekali mendendangkan lagu Tulus, hati-hati dijalan.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teruntuk El yang Berumur 24 Tahun

Banyak tulisan yang aku buat untuk orang lain, tapi aku lupa membuat surat untuk diriku sendiri. Jadi surat ini aku peruntukan untuk diriku sendiri yang sedang menjalani usia 24 tahunnya. Hai El, apa kabar? Sedang tidak baik-baik saja kan? tidak apa~ hidup memang seperti ini. Kan malah aneh kalo hidup selalu baik-baik saja. nanti malah kamu nggak bisa bersyukur. Nanti kamu nggak tahu nikmatnya ngeliatin langit ketika hari lagi capek-capeknya. Beberapa tahun terakhir banyak hal-hal menyebalkan yang menganggu pikiran kan? banyak kejutan-kejutan yang terjadi, yang seringkali bikin tidur tidak nyenyakkan?. Tidak apa~ kan kamu pandai berprasangka baik, percaya saja, Tuhan sedang merencanakan sesuatu yang bakal bikin kamu senyum-senyum pada akhirnya. Sekarang umur 24 tahun, bagaimana rasanya berada di umur yang sudah dianggap dewasa? Susah ya? Capek ya? Berat ya?. Apalagi ngeliat teman-teman seumuran udah pada kerja, udah bisa ngasih duit ke orang tua, jajanin adek dan ponakan pakai du

Apa Malam Sudah Semakin Larut?

  Hai, apakah kau dari luar? Apakah di luar langit sudah gelap? Kurasa malam sudah semakin larut, aku mulai hanyut dalam takut sebab pikiranku semakin kalut. Aku sudah tahu kau akan datang. Kemarilah, kau boleh duduk sejenak di sini. Tapi kurasa kali ini tidak akan nyaman, aku membawa kabar kurang menyenangkan. Bajumu sedikit basah, kurasa gerimis sudah datang. Bukankah rasanya sudah seperti November akan berakhir? Hujan seringkali tiba tanpa aba-aba. Kau tahu? Aku menyukainya, suasana bulan hujan, aku suka. Mungkin sebab aku lahir di bulan hujan. Entahlah~ Tapi satu yang membuatku tidak suka bulan hujan, aku selalu merasa khawatir jika orang yang kusayangi melakukan perjalanan dan berkendara di saat hujan. Kuharap kau selalu hati-hati ketika berkendara, kurangi kecepatanmu dan jangan bermain ponsel ketika berkendara, dan semoga kau selalu dalam penjagaan Tuhan.   Aku tidak menghidangkan kopi karena cerita kali ini akan terasa pahit. Secangkir teh hangat tawar untukmu, tentu dengan